Popular Post

Posted by : Imedia9.net Monday, October 1, 2012

Gebang Tinatar semakin kuat kekuasaannya. Banteng diangkat menjadi Patih, namanya Patih Kartapraja. Gajah menjadi jaksa, bernama Amongpardata. Wauwa diangkat menjadi penghulu, mernama Ki Mohamat
Kasilolah. Keadan negara semakin tentram.
Diceritakan anjing milik Sutatruna yang lari. Ia bertapa di Suracala dan menerima ilmu dari Nabi Ilyas. Ia pandai bermacam ilmu makripat. Siswaya sangat banyak yang datang dari segala tempat. Kancil mendengar berita itu dan mengirimkan utusan untuk memanggil Anjing.
Musang yang diutus telah tiba di Suracala. Ketika itu Srenggala sedang mengadakan pertemuan. Musang menyampaikan perintah sang Kancil, bahwa Srenggala dipanggil ke gebang Tinatar. Srenggala tidak mau, bahkan mengajak adu kepandaian dengan Kancil. Kuwuk yang mendengar bahwa Srenggala membangkang datang ke Suracala untuk membujuk Srenggala. Tetapi Srenggala tetap tidak mau. Kancil kemudian mengirimkan Wauwa untuk memanggil Srenggala dan minta agar Srenggala memberikan jawaban teka-teki. Teka-teki itu terjadai dari lima macam.
Wauwa bertukar pikiran dengan Srenggala mengenai ilmu makripat. Srenggala memberikan jawab atas lima pasal yang diajukan Wauwa. Wauwa merasa kalah. Ia menyarankan kepada Srenggala agar bersedia datang tiga tuhun kemudian menghadap sang Kancil.
Wauwa malahan minta Srenggala memberi pelajaran kepadanya. Srenggala mengajar dia tentang bersatunya gusti dan kawula, yang membuat Wauwa semakin tertarik untuk berguru kepada Srenggala.
Wauwa menyembah kepada Srenggala minta agar diberi ilmu yang lain. Sebelum diberi ia tidak mau kembali pulang. Maka Srenggala pun memberikan ilmu “ rahasia “ kehidupan. Wauwa penghulu di Gebang Tinatar bertambah terang dalam hatinya.

Sumber: http://wayang.wordpress.com/category/wayang-jenis2/wayang-kancil/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Astrajingga - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -