Popular Post

Posted by : Imedia9.net Monday, October 1, 2012

Diceritakan ada seekor kambing betina yang bertapa, bernama Wedhus Prucul. Tapanya diterima oleh dewa dan kelak ia menurunkan binatang pandai bernama Bagus Yatin alias Kancil Amongpraja. Ia dibawa oleh kekuatan gaib ke tempat calon suaminya yang tempatnya di pertapaan Ngampelgading.
Kedatangannya disambut dengan senang hati oleh Kenthus, yang telah lama menunggunya. Ia pun mendapat isyarat dari Dewa bahwa calon istrinya akan tiba dipertapaan. Kenthus pandai sekali merayu dan kawinlah keduanya. Wedhus Prucul kemudian bunting.
Wedhus Prucul mimpi bertemu dengan nabi Kilir. Memberi tahukan bahwa kandungannya kelak akan lahir laki-laki dan dihadap oleh binatang-binatang.
Setelah bayi berusia tujuh bulan Kenthus meninggal dunia. Sebelumnya ia menurunkan tanda-tanda orang yang dipanggil Tuhan. Berupa isyarat yang dirasakan oleh anggota tubuh. Pesan ilmu itu diterima dengan baik oleh Prucul. Kelahiran bayi di barengi dengan hujan bunga dari angkasa yang dijatuhkan para dewa. Kancil nama bayi itu, sesuai dengan pesan kenthus, tumbuh sehat dan berotak cerdas. Konon Nabi Adam datang juga menjenguk kelahiran Bagus yatin.
Menginjak usia enambelas tahun Kancil telah mahir berbagai ilmu.

Sumber: http://wayang.wordpress.com/category/wayang-jenis2/wayang-kancil/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Astrajingga - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -